Jawab :
1.Isyarat pnggilan umum (utk stasun yg tidak diketahui)
AA AA AA AA = Buat dlm kode morse
Dijawab dgn : T T T T = (kode morse)
2.Identitas DE (diikuti nma kpl/call sign) diterima T = _ AA/A/ diikuti mana kapal NP/call sign diterima
3.Isi berita : CS (Apk nama isyarat identitas kpl anda) Diterima T = _A_A/AAA diterima _
4.Penutup AR = A_/A_A/ dijawab R = A_A
Ada 2 pancangan/kibaran pd ujung andang2 yg sama tetapi tali bendera yg berlainan,pancangan manakah yg harus dibaca terlebih dahulu?
Jwb : Dibaca dari luar kedalam atau dari muka ke belakang
Tali pemisah (tackline)&gunanya :
Tali bendera yg panjangnya kira2 2meter (6 kaki) yg dipergunakan untuk memisahkan masing2 kelompok bendera.
Kesulitan jika menggunakan tali angguk untuk mengibarkan ular2 balas :
Pancangan hrs dipancangkan pd t4/posisi yg mudah dilihat oleh stasiun penerima,supaya bendera bebas berkibar serta bebas dr asap cerobong kpl.
Berkomunikasi dgn bendera,Cara menyatakan :
#Memanggil :
1.Jika mana panggilan kapal diketahui : Kibarkan mana panggilan kapal/call sign dari kapal yg akan di panggil bersama sama dgn mana panggilan/call sign kapal sendiri.
2.Jika mana panggilan kpl tdk diket,Kibarkan nm panggilan kpl kt sendiri&Isyarat
~VF = harap kibarkan isyarat identitas anda
~CS = apakah nama atau isyarat identitas kpl anda
~YQ = saya ingin berkomunikasi mempergunakan bendera kode internasional dgn kpl yg baringannya.....dari saya.
#Membalas/menjawab : ujar2 balas dikibarkan setengah tiang kemudian ular2 balas dinaikkan penuh setelah memahami maksud pancangan,kemudian ular2 balas setengah tiang lagi setelah pancangan stasiun pengirim menurunkan pancangannya,begitu seterusnya sampai selesai pengiriman berita.
#Semboyan tidak dimengerti,kibarkan isyarat :
1.ZQ = Isyarat anda agaknya tidak dikodekan dgn benar, harap diperiksa&ulangilah seluruhnya
2.ZL = isyarat anda telah diterima,tetapi saya tidak memahami maksudnya
3.ZK = Saya tidak dapat mengenali isyarat anda harap diulangi dgn menggunakan...(tabel pelengkap 1)
#Mengakhri isyarat :
Stasiun pengirim mengibarkan ular2 balas penuh (dipuncak tiang) setelah isyarat selesai stasiun penerima menirukannya kemudian pengirim isyarat menurunkan ular2 balas&stasiun penerima menirukannya.
#Cara Mengakhiri Berita dgn :
1.Semboyan bendera = stasiun pengirim mengibarkan ular2 balas penuh(dipuncak tiang) setelah isyarat selesai stasiun penerima menirukannya kemudian pengirim isyarat menurunkan ular2 balas&stasiun penerima menirukannya.
2.Cahaya = stasiun pengirim mengirim kode morse AR stasiun penerima membakar dgn kode morse R.
3.Semaphore = stasiun pengirim mengirim kode AR & dibalas dgn C.
4. Telephoni = Stasiun pengirim mengucapkan AR (alfa romeo) dibalas R (romeo).
Isyarat indentitas = isyarat pengenal = nama panggilan ialah kelompok huruf2&angka2 yg ditetapkan oleh administrasi pemerintahnya kpd masing stasiun
Isyarat prosedur ialah isyarat yg dibuat utk mempermmudah pelaksanaan pengisyaratan
Pegisyaratan Visual ialah setiap cara berkomunikasi yg pengisyaratannya dapat terlihat.
Pengisyaratan bunyi ialah setiap cr pengisyaratan morse dgn mempergunakan sirene,suling,selompret kabut,bel Atau alat isyarat bunyi lainnya.
prosedur isyarat ialah aturan2 yg dibuat utk melakukan pengisyaratan
Arti Isyarat dari :
1.C = pembenaran atau penegasan dr kelompk berita yg terdahulu
2.N = penyangkalan atau tdk
3.RQ = pertanyaan / penegasan bawhwa kelompok terdahulu adlh kalimat tanya
#isyarat c,n,rq tidak boleh digandengkan dgn isyarat 1 huruf Karena Isyarat 1 huruf menunjukkan pengertian2 yg sangat urgent,penting,atau yg sudah lazim digunakan sehingga pengertiannya akan sangat berbeda jika isyarat c,n&rq digandengkan dgn isyarat 1 huruf & akan menimbulkan kebingungan si penerima.
Stasiun pantai (jakarta radio) mnerima berita marabahaya dr kpl MV.ENDOMARU/PDIU Yg dlm keadaan marabahaya kecelakaan pd posisi : 05 40 S/105 30 E, wkt 05 30 UTC.
Buatlah panggilan Marabahaya,berita bahaya adlh:
1.Panggilan marabahaya :
~Mayday 3 X
~This is MV.ENDOMARU/PDIU 3 X
2.Berita Marabahaya :
~Mayday 1 X
~MV. ENDOMARU / PDUI 1 X
~Position 05 40 S 105 30 E
~Time 05 30 UTC
~I am on emergency repuired immediately tug for assistance
Jawaban Dari Penerimaan Berita Bahaya adalah :
~May Day 1 X
~Nama Kapal/Call Sign Kapal yg dlm keadaan darurat 3 X
~Kata This Is
~Nama kapal/Call Sign kapal yg menjawab diucapkan 3 X
~Kata Received May Day
Contoh :
~May Day
~MV.GLORY / 9 VTG 3 X ( kpl bahaya )
~This Is
~MV.CARIBIC / JKJY 3 X (kpl kita)
~RECEIVED MAY DAY FROM MV.GLORY / 9 VTG POSISITION 02*30* S 106*00* E SHIP ON FIRE AN SINGKING
Menjawab berita marabahaya yg diterima (Acknowledgement) :
1.Bila stasiun mendengar pancaran berita bahaya,tdk ad keraguan&dekat dgnnya wajib menberikan jawabn dgn segera.
2-Apabila stasiun radio pantai tdk menberikan jawaban kpl yg mendengar berita bahaya wajib memberi jawaban
3.Kpl yg mendengar&dr posisinya serta keadaan kplnya sendiri tdk mungkin melakukan pertolongan tidak diperkenankan memberi jawaban sbg gantinya kpl tersebut boleh memancarkan May Day Relay.
#Kapal yg mendengar berita marabahaya boleh menerima berita bahaya tersebut tetapi apabila dari posisi serta keadaan kplny sendiri tdk mungkin melakukan pertolongan tdk diperkenankan memberi jawaban,sbg gantinya kpl tersebut boleh memancarkan May Day Relay.
#Syarat2 Menjawab berita bahaya yg diterima (acknowledgement) ;
~Bila sebuah Sts mendengar adanya pancaran berita bahaya maka apabila tidak ada keraguan&posisinya berada dekat pdny wajib menberikan jawaban dgn segera.
Prosedur May Day Relay ;
Contoh :
~May Day Relay 3 X
~This Is MV.CARIBIC / JKJY 3 X
~Following Received From
~Fishing Boat Wellington / 3 EYP
~Position 11"30" N / 130"20" E
~Time 12 30 Utc
~Ship on fire and explosion required fire tug and survival craft immediately
Distress Signal & Distress Traffic Ialah Tanda marabahaya dan komunikasi marabahaya harus dan hanya boleh dilakuan atas perintah nakhoda atau perwira yg bertanggung jawab untuk itu dan harus dipancarkan melalui frequ.marabahaya internasional 2182 Khz untuk Mf pd channel 16 Vhv.
Frequ.Alarm signal ialah Tanda bahaya darurat yg diperdengarkan bilamana sewaktu waktu kapal mengalami keadaan darurat.
ÀUntuk radio telegraph terdiri dr 2 nada yg dipancarkan selama 1 menit yg masing2 garis itu dipancarkan selama 4 dtk.dgn selang waktu 1 dtk diantara 2 buah garis yg berurutan ( 4 dtk _ _ 1 dtk < 1 menit > )
ÀUntuk radio telephoni terdiri dari 2 nada yg dipancarkan secara berganti ganti dgn waktu pancaran dari 30 dtk hingga 1 menit
7 macam Isyarat bahaya ;
1.Sebuah tembakan meriam dgn antara lebih kurang 1 menit.
2.Roket2 bahaya yg memancarkan bintang2 merah yg ditembakkan 1 demi 1 dgn selang waktu yg pendek.
3.Isyarat yg dibuat oleh pesawat radio telegrafi terdiri atas kelompok SOS ( ÀÀÀ _ _ _ ÀÀÀ )
4.isyarat yg dipancarkan dgn menggunakan pesawat radio telepon yg terdiri atas kata yg diucapkan May Day
5.Kode isyarat bahaya internasional yg ditunjukkan dgn huruf Nc.
6.Isyarat alarm radio telegraphi
7.Isyarat alarm radio telephoni
Dasar peraturannya ; Ditetapkan oleh peraturan2 internasional untuk membahag tubrukan dilaut (Colreg 72) pasal 31.
Lintang = L Bujur = G Waktu = Z ( Utc )/ T (waktu setempat)
Haluan = C Kecepatan = S Tanggal = D
CB6 = saya memerlukan pertolongan segera kapal pemadam kebakaran
ZA1 = saya ingin berkomunikasi dgn menggunakan bahasa inggris
5 cara berisyarat (tabel pelengkap 1)=
1.Semaphore
2.Isyarat Morse dgn bendera tangan atau lengan2
3.Pengeras suara
4.Cahaya
5.Bunyi
GMDSS Mulai dikenalkan pertama kali melalui Solas 74 amandement tahun 92,mulai diberlakukan pada bulan februari 1992 dan pemberlakuan secara penuh GMDSS bagi setiap kapal baik kapal2 baru maupun kapal2 lama pada 1 februari 99.
Epirb ( Emergency posisition indicating radio beacon ) ialah rambu radio penentu posisi dalam keadaan darurat cara kerjanya ketika kapal dlm keadaan marabahaya akan memancar dan diterima oleh satelite dan diteruskan kestasiun bumi ( LUT ) disini diproses data2nya dan diteruskan ke MRCC Ke Rcc selanjutnya ke team Sar.
DSC ialah Suatu sistim panggil yg memanfaatkan teknologi digital dgn klas emisi setara NBDP ( telex ) sehingga suatu stasiun mampu memanggil stasiun lain yg dikehendaki baik 1 sts maupun beberapa sts sekaligus tanpa mengganggu sts lain dan sipenerima panggilan tdk harus stand by setiap saat.
Kegunaan ular2 balas :
1.Sbg isyarat sambut
2.Sbg isyarat tnda koma
3.Sbg isyarat akhir
4.Sbg isyarat eja
5.Apabila dikibarkan oleh sebuah kapal perang berarti ia hendak berkomunikasi dgn sebuah kapal niaga.
Arti isyararat2 berikut :
DX :saya tenggelam
CS :apkh nama atau isyarat identitas kpl anda
YQ6 :saya ingin berkomunikasi mempergunakan isyara bendera internasional.
RQ :pertanyaan atau penegasan bahwa kelompok taerdahulu adlh kalimat tanya
AS :isyarat tggu atau periode
Diisyaratkan dgn semboyan international:
- pkl 10 malam GMT
- tgl 15 sept 2002
jwb: - Z2200
- D050902
~May Day ialah Menunjukkan bahwa sebuah kapal atau pesawat terbang atau kendaraan lain sedang dlm bahaya yg sungguh2 & minta pertolongan segera
~Pan ialah Stasiun pemanggil itu mempunyai sebuah berita yg sangat penting untuk dikirimkan yg berhubungan dgn keselamatan kapal or seseorang
~Securite ialah Stasiun itu sedang mengirimkan sebuah berita berhubungan dgn keselamatan kapal/Pelayaran atau sedang memberikan berita peringatan penting tentang keadaan cuaca.
Cara memanggil pada sps lain untuk diajak berkomunikasi dengan bendera kode internasional :
Jika nama panggilan kapal diketahui : kibarkan nama panggilan kapal/call sign dari kapal yang akan di panggil bersama-sama dengan nama panggilan kapal sendiri.
Jika nama panggilan kapal tidak diketahui : kibarkan nama panggilan kapal kita sendiri dan isyarat ; VS: artinya harap kibarkan isyarat identitas anda. Atau, CS : artinya apakah nama atau isyarat identitas kapal Anda atau YQ : artinya saya ingin berkomunikasi mempergunakan bendera kode internasional dengan kapal yang baringannya¡K..dari saya.CQ : artinya, panggilan stasiun-stasiun yang tidak dikenal atau panggilan umum bagi semua stasiun.
Jika isyarat dikibarkan tanpa didahului oleh suatu identitas/ nama panggilan sebuah kapal, berarti isyarat tersebut ditujukan kepada semua kapal yang dapat melihat pancangan tersebut.
Cara menjawab panggilan dari stasiun lain dalam berkomunikasi dengan bendera kode internasional :
Kapal yang mendapat panggilan atau semua kapal yang mana isyarat-isyarat di alamatkan harus mengibarkan /memancang ular-ular balas setengah tiang segera setelah melihat.
Ular-ular balas dinaikkan penuh/dipuncak segera setalah memahami maksud pancangan.
Ular-ular balas setengah tiang lagi, setelah pancangan stasiun pengirim menurunkan pancangannya.
Begitu seterusnya sampai selesai pengiriman beritanya.
Menjawab berita marabahaya yang diterima :
Bila sebuah stasiun mendengar adanya pancaran berita bahaya, maka apabila tidak ada keraguan dan posisinya dekat dengannya ( posisi kapal yang dalam keadaan bahaya dapat dicapai pada waktu yang sesuai guina melakukan pertolongan) wajib memberikan pertolongan dengan segera.
Namun demikian apabila berada diwilayah yang kemungkinan besar suatu stasiun radio pantai dapat menerima berita bahaya tersebut kapal yang mendengar berita bahaya tersebut harus memberikan kesempatan kepada stasiun radio pantai untuk memberikan jawaan terlebih dahulu ( menunggu beberapa saat) apbila stasiun radio pantai tidak memberikan jawaban, kapal yang mendengar berita bahaya wajib memberi jawaban.
Kapal-kapal yang mendengar adanya berita bahaya dan dari posisinya serta keadaan kapalnya asendiri tidak mungkin melakukan pertolongan tidak diperkenankan memberikan jawaban sebagi gantinya kapal tersebut boleh memancarkan may day relay.
Dalam perjalanan dari Jakarta ke Hongkong kapal MV. CARIBIC JKJY menerima berita bahaya dari kapal ikan WELLINGTON/3EYP pada posisi 11?a 30¡¦ N 130?a 20¡¦ E, waktu 12.30 UTC mengalami kebakaran dan ledakan. Buatlah berita distress relay untuk kapal MV.CARIBIC JKJY.
Jawaban :
May day relay 3X
This is MV.CARIBIC JKJY
Following recived from
Fashing boat WELLINGTONG/3EYP
Posision 11?a 30¡¦ N/130?a 20¡¦ E time 12.30 UTC
J = . - - - (saya mengalami kebakaran dan mempunyai muatan berbahaya dikapal menjauhlah dari saya)
K = - . - (saya hendak berkomunikasi dengan Anda)
L = . - . . ( Anda harus segera memberhentikan kapal Anda)
M = - - (kapal saya berhenti dan tidak mempunyai laju terhadap air)
N = - . tidak ( ingkar atau ¡§pengertian kelompok-kelompok sebelumnya harus diberikan makna yang menyatakan penolakan atau ingkar¡¨) isyarat ini hanya boleh diberikan secara visual atau dengan bunyi. Untuk pemancaran radio atau penggunann suara isyarat ini diucapkan sebagai ¡§NO¡¨
O = - - - (orang jatuh dilaut)
P = . - - . (dipelabuhan semua orang harus melaoprkan diri ke kapal, sebab tak lama lagi
kapal akan bertolak menuju ke laut. Dilaut. Isyarat ini dapat juga digunakan dengan isyarat suling yang berarti saya membutuhkan seorang pilot)
Q = - - . - (kapal saya sehat dan saya minta pemeriksaan karantina)
S = . . . (Saya sedang menggerakkan mesin mundur)
T = - (menjauhlah dari saya ; saya sedang memukat secara berpasangan)
U = . . - (kamu menuju ketempat berbahaya)
V = . . . - (saya membutuhkan bantuan)
W = . - - (saya membutuhkan bantuan medis)
X = - . . - (hentikanlah maksud Anda dan perhatikanlah isyarat-syarat saya)
Y = - . - - (jangkar saya menggaruk)
Z = - - . . (saya membutuhkan kapal tunda. Saya sedang menebarkan jaring)
Saudara akan mengadakan komunikasi menggunakan lampu ALDIS dgn Sbh Kpl lain yg belum sdr ketahunamnya. Sdr ngin menanyakn nama & tujuan kpl tsb.terangkan bagaimana cara memanggil & tulis isi berita Sdr dgn kde morse.
Jawab :
a. isyarat pnggilan umum(utk stasun yg tidak diketahui)
AA AA AA AA = .-/.- //.-/.- //.-/.- //.-/.-//
Dijawab dgn :
T T T T = (kode morse)
b. identitas stasiun pengirim dikuti dgn DE: nma kpl (call sign)
_.. / .- / nama kpl diterima T
c. isi berita :
CS (Apk nama or isyarat kp anda?) = -.-. /… /
Diterima T = -
d. penutup AR = .- /.-. / dijawab R = .-.
Ada 2 pancangan/kibaran pd ujung andang² yg sama tetapi tali bendera yg berlanan, pancangan manakah yg harus dibaca terlebih dahulu…?
Jwb : Dibaca dari luar kedalam atau dari muka ke belakang
Tali pemisah (tackline) dan gunanya :
Tali bendera yg panjangnya kira² 2meter (6 kaki) yg dopergunakan untuk memisahkan masing² kelompok bendera.
Kesulitan jika menggunakan tali angguk untuk mengibarkan ular² balas :
Pancangan hrs dipancangkan pd t4/posisi yg mudah dilihat oleh stasiun penerima,supaya bendera bebas berkibarserta bebas dr asap cerobong kpl.
Berkomunikasi dgn bendera,Cara menyatakan :
a.Memanggil :
1. isyarat identitas stasiun yg dituju dkibarka atau
2. VF = harap kibarkan isyarat identitas anda
3. CS = apakah nama atau isyarat identitas kpl anda atau
4. YQ = saya ingin berkomunikasi mempergunakan…(daftar pelengkap I ) dgn kpl yg baringanya…dari saya
b.Membalas menjawab : mengibarkan ular² penjawab ditengah² dan dikibarkan ke puncak setelah memahami maksudnya & diturunkan kembali ditengah.
c.Semboyan tidak dimengerti: kibarkan isyarat:
ZQ = Isyarat anda rupa²nya tidak dikodekan dgn benar, harap diperiksa & ulangilah seluruhnya atau
ZL = isyarat anda telah diterima,tetapi tidak dimengerti
d.Mengakhri isyarat :
Stasiun pengirim mengibarkan ular² penjawab saja stlh kibaran isyarat yg terakhir & stasiun penerima mengibarkan ular² penjawab ke puncak tiang lalu dturunkan kembali di tengah² tiang
A = ¤ _
B = _ ¤ ¤ ¤
C = _ ¤ _ ¤
D = _ ¤ ¤
E = ¤
F = ¤ ¤ _ ¤
G = _ _ ¤
H = ¤ ¤ ¤ ¤
I = ¤ ¤
J = ¤ _ _ _
K = _ ¤ _
L = ¤ _ ¤ ¤
M = _ _
N = _ ¤
O = _ _ _
P = ¤ _ _ ¤
Q = _ _ ¤ _
R = ¤_¤
S = ¤ ¤ ¤
T = _
U = ¤ ¤ _
V = ¤ ¤ ¤ _
W = ¤_ _
X = _ ¤ ¤ _
Y = _¤_ _
Z = _ _ ¤ ¤
AA: all after: dpgunakn stlh isy ulang (RPT), berarti ulangi semua setelah
AB: all before: =
ulangi semua sbelum
WA: Word or Group after: =
ulangi kata/kelompok setelah
WB: WoG before: =
ulangi k/k sblum
BN: all between..n..: =
ulangilah semua diantara..dan..a
Sumber : Maritime World
0 komentar:
Posting Komentar